Industri Game Membuka Peluang Besar Untuk Generasi Muda Indonesia


Tangerang Selatan, 14 Juni 2023 – Game saat ini menjadi pembahasan yang menarik dihampir seluruh kalangan, tak terkecuali di bangku kuliah. Fakultas Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memiliki satu jurusan yang berkaitan dengan pengembang game yakni Interaction Design.

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri game, PT Games Karya Nusantara (Majamojo) berkesempatan untuk memberikan Kuliah Umum dikelas Asset Prototyping Fakultas DKV UMN (30/6). Pada kesempatan ini, Majaomojo memberikan pemaparan materi seputar strategi bisnis berkaitan dengan potensi industri, seleksi serta pengujian game, dan cara mengkomunikasikan game ke pasar.

“Saat menghadiri Prototype Day Fakultas DKV UMN, kami cukup tekejut bahwa Mahasiswa telah mampu membuat game versi mereka. Ini menjadi semangat bagi kami untuk menjadi wadah pertukaran informasi dan membuka wawasan yang bertujuan untuk memberikan persiapan kepada Mahasiswa dalam memasuki jenjang berikutnya yaitu entrepreneur dan professional di industri game,” ungkap Andhika Yudho, PR Communication Lead Majamojo.

Diikuti oleh 80 Mahasiswa yang terdiri dari 3 kelas, Kuliah Umum Asset Prototyping Fakultas DKV UMN oleh Majamojo disambut positif oleh peserta. Hal tersebut terlihat dari antusiasme tinggi melalui panel diskusi. Sebagian besar mahasiswa memiliki pertanyaan seputar potensi diri yang dapat dikembangkan hingga kesempatan untuk memasuki industri game.

Saat ini, industri game memiliki banyak kesempatan yang dapat di isi oleh mahasiswa dan generasi muda lainnya. Terlepas menjadi pengembang, pemain, dan pembuat konten, industri game memiliki banyak peluang diantaranya sebagai produser, game tester, localization, tim kreatif, hingga peluang bisnis.

“Indonesia masuk kedalam 10 besar pasar game global, sehingga kita memiliki kesempatan yang terbuka lebar untuk berkecimpung di industri ini. Tahapan selanjutnya, bagaimana kita bisa menghadirkan produk game yang dapat memimpin pasar industri game di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Acara seperti Kuliah Umum dan seminar ini menjadi salah satu langkah kami untuk mengajak para generasi muda tanah air untuk bisa mengambil peran membawa Indonesia menjadi pemimpin pasar game dunia,” tambah Andhika.

“Kuliah tamu bersama praktisi dari industri game sangat bermanfaat bagi mahasiswa Interaction Design kami, terutama dengan semakin beragamnya jenis pekerjaan baru pada ekosistem video game. Harapan kedepannya hubungan antara industri dan akademik akan selalu terjalin agar mahasiswa yang lulus, sesuai dengan demand dari industri” ungkap Ken Natasha Violeta, Dosen Fakultas Desain Komunikasi Visual UMN.

Majamojo juga menghadirkan game testing experience kepada seluruh mahasiswa yang hadir. Mahasiswa menjajal fitur turnamen Luna Fantasia Mobile serta diberikan pemahaman untuk mengidentifikasi gameplay. Game testing experience menjadi salah satu program yang dinantikan oleh mahasiswa.

Read more article

Gods of Myth: Event Pro Hunter Quiz untuk para Slayers pintar

Event Pro Hunter Quiz di Gods of Myth